Label

Rabu, 13 Juni 2012

Pemasaran I : Pasar konsumen Dan perilaku pembelian konsumen


Pasar Konsumen
Pasar konsumen terdiri dari semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang dan jasa untuk konsumsi pribadi.

Perilaku Pembelian Konsumen
Perusahaan yang betul-betul memahami bagaimana konsumen memberikan tanggapan terhadap ciri produk,  harga, pesan iklan, dan sebagainya akan mempunyai keuntungan yang besar melebihi pesaingnya. Karena itu perusahaan dan para sarjana telah menanamkan banyak upaya dalam meneliti hubungan antara ransangan pemasaran dan respon konsumen. Gambar dibawah ini menunjukkan model sederhana, yaitu model ransangan respon.
Rangsangan pemasaran
Ransangan lainnya
Kotak hitam pembeli
Respon pembeli
Produk
Harga
Tempat
Promosi
Ekonomi
Teknologi
Politik
Budaya
Karakteristik pembeli
Proses keputusan pembeli
Pilihan produk
Pilihan merek
Pilihan dealer
Jadwal pembelian
Jumlah pembelian






Gambar ini memperlihatkan ransangan pemasaran dan ransangan lainnya memasuki “kotak hitam” konsumen dan menghasilkan respon tertentu. Pada bagian kiri, rangsangan pemasaran terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi. Ransangan lainnya terdiri dari kekuatan-kekuatan besar dalam lingkungan pembeli : ekonomi, teknologi, politik dan budaya. Semua rangsangan ini masuk ke kotak hitam pembeli dan menghasilkan serangkaian respon pembeli yang dapat dilihat di gambar bagian kanan : pilihan produk, pilihan merek, dealer, jadwal pembelian, dan jumlah pembelian.

karakteristik yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh empat kelompok utama karakteristik pembeli: budaya, sosial, pribadi, dan psikologi
*     Faktor budaya dan subbudaya
Budaya adalah faktor penentu paling pokok dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya meliputi nilai-nilai dasar, persepsi, preferensi, dan perilaku yang dipelajari seseorang dari keluarga dan institusi penting lainnya
Subbudaya adalah "budaya di dalam budaya" yang mempunyai nilai dan gaya hidup berbeda dan bisa didasarkan pada hal apa pun mulai dari usia sampai kelompok etnis
*     Faktor sosial
Perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh faktor sosial seperti kelompok kecil, keluarrga, peran dan status sosial konsumen.
*     Faktor pribadi
Usia pembeli, tahap siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, kepribadian, dan karakteristik pribadi lainnya mempengaruhi keputusan pembelian.
*     Faktor psikologis
Perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh empat faktor psikologi utama:
ú  Motivasi
Suatu kebutuhan akan menjadi motif apabila ia ditumbuhkan sampai pada suatu tingkat intensitas yang cukup. Motif adalah suatu kebutuhan yang cukup menekan seseorang untuk mengejar kepuasan.
ú  Persepsi
Seseorang yang termotivasi akan siap bertindak. Bagaimana orang itu bertindak, dipengaruhi oleh persepsi orang itu mengenai sesuatu. Persepsi dapat diartikan sebagai proses dimana seseorang memilih, merumuskan, dan menafsirkan masukan informasi untuk menciptakan suatu gambaran yang berarti.
ú  Pembelajaran
Pembelajaran menggambarkan perubahan-perubahan dalam perilaku individu yang timbul dari pengalaman. 

ú  Keyakinan serta sikap
Keyakinan adalah suatu pemikiran deskriptif yang dimiliki seseorang tentang sesuatu. Sikap adalah evaluasi, perasaan dan kecendrungan seseorang yang relatif konsisten terhadap suatu objek atau gagasan.

Tipe Produk dan keputusan pembelian

           Pengambilan keputusan oleh konsumen berbeda-beda menurut jenis keputusan pembelian. Gambar berikut menunjukkan empat jenis perilaku pembelian konsumen berdasarkan derajat keterlibatan pembeli dan derajat keterlibatan merek.



                                                                               
                                                                                                Keterlibatan                         keterlibatan
                                                   Tinggi                                 rendah


 

Perbedaan yang
Berarti diantara
Merek



 

Sedikit perbedaan
Diantara merek





ú  Perilaku pembelian kompleks
Konsumen mempunyai perilaku pembelian kompleks ketika mereka sangat terlibat dalam sebuah pembelian dan melihat perbedaan signifikan di antara merek

ú  Perilaku pengurangan disonansi
Perilaku pengurangan disonansi terjadi ketika konsumen sangat terlibat tetapi melihat sedikit perbedaan di antara merek


ú  Perilaku pembelian kebiasaan
Perilaku pembelian kebiasaan terjadi dalam kondisi keterlibatan rendah dan sedikit perbedaan merek

ú  Perilaku pembelian mencari keragaman
Dalam situasi yang mempunyai karakteristik keterlibatan rendah tetapi anggapan perbedaan merek yang signifikan, konsumen teriibat dalam perilaku pembelian mencari keragaman


Proses Keputusan Pembelian

Proses Ketika melakukan pembelian, pembeli melalui proses keputusan yang terdiri dari:
        Pengenalan kebutuhan
Selama pengenalan kebutuhan, konsumen mengenali masalah atau kebutuhan yang dapat dipuaskan oleh sebuah produk atau jasa di pasar.

        Pencarian informasi
Setelah kebutuhan itu dikenali, konsumen  berpindah ke tahap pencarian informasi, konsumen berusaha mencari lebih banyak informasi.
        Evaluasi alternative
Dengan informasi di tangan, konsumen melanjutkan usahanya ke evaluasi alternatif, di mana selama tahap ini informasi digunakan untuk mengevaluasi merek dalam sekelompok pilih

        Keputusan pembelian
Kemudian, konsumen membuat keputusan pembelian dan benar-benar membeli produk

        Perilaku pascapembelian
Di tahap akhir proses keputusan pembeli, perilaku pascapembelian, konsumen mengambil tindakan berdasarkan kepuasan atau ketidakpuasan


Proses Adopsi Produk

Proses adopsi produk dikelompokkan menjadi lima tahap:
ú  Kesadaran
Pada mulanya, konsumen harus menyadari produk baru

ú  Minat
Kesadaran menumbuhkan minat, dan konsumen mencari informasi tentang produk baru

ú  Evaluasi
Setelah informasi dikumpulkan, konsumen memasuki tahap evaluasi dan mempertimbangkan untuk membeli produk baru

ú  Mencoba
Berikutnya, dalam tahap mencoba, konsumen mencoba produk dalam skala kecil untuk meningkatkan estimasinya terhadap nilai produk

ú  Adopsi
Jika konsumen puas dengan produk, ia memasuki tahap adopsi, memutuskan untuk menggunakan produk baru dengan skala lebih besar dan teratur

Difusi Produk Baru

Dengan memperhatikan difusi produk baru, konsumen merespons pada tingkat yang berbeda, bergantung pada karakteristik konsumen dan karakteristik produk
Konsumen bisa menjadi:
        Inovator (penemu)
Penemu bersedia mencoba ide baru yang berisiko

        Pengadopsi awal
Pengadopsi awal—sering kali menjadi pemimpin opini komunitas—menerima ide baru lebih awal tetapi dengan cermat

        Mayoritas awal
Mayoritas awal—jarang menjadi pemimpin—memutuskan untuk mencoba ide baru dengan banyak pertimbangan, melakukan pertimbangan itu sebelum kebanyakan orang melakukannya


        Mayoritas akhir
Mayoritas akhir mencoba sebuah inovasi hanya setelah kebanyakan orang mengadopsinya

        Orang yang lambat
Orang yang lambat hanya mengadopsi sebuah inovasi setelah inovasi itu menjadi bagian dari tradisi itu sendiri

Produsen mencoba membawa produk mereka agar diperhatikan oleh pengadopsi awal yang potensial, terutama mereka yang menjadi pemimpin opini

0 comments:

Posting Komentar